Kamis, 07 Februari 2013


Yayasan ini didirikan di Semarang sejak tanggal 31 Juli 1950 (16 Syawal 1369 H), yang bergerak dalam bidang pendidikan, kesehatan, sosial dan kegiatan amal shaleh lainnya dengan tujuan menyebarluaskan pendidikan dan ajaran Islam yang dijiwai dakwah Islam.
Pada saat ini UNISSULA memiliki 35 program studi jenjang Diploma (DIII), Sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktor (S3) . Dengan rata-rata jumlah lulusan pertahun 1.500. Jumlah Student body tahun 2008-2009 sejumlah 9044. Lahan Kampus yang dimiliki seluas 35 hektar, merupakan kampus yang cukup luas dan terpadu, terletak di Jalan Kaligawe Km 4 Semarang.
Pada awal berdirinya UNISSULA, Fakultas yang pertama kali dibuka adalah Fakultas Agama Islam (dalam perkembangan lebih lanjut kemudian menjadi Fakultas Syari'ah), kemudian Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Pasti Alam (dalam perkembangan selanjutnya menjadi Fakultas Teknik). Pada tahun ajaran berikutnya, dibuka Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (dalam perkembangan selanjutnya menjadi Fakultas Hukum) dan Fakultas Kedokteran.
Pada tahun 1985 dibuka Fakultas Tarbiyah yang dalam perkembangan selanjutnya pada tahun 1998 digabung dengan Fakultas Syari'ah, menjadi Fakultas Agama Islam. Fakultas Teknologi Industri dibuka tahun 1993, Fakultas Psikologi dibuka tahun 1999, dan mulai tahun 2000 dibuka Program Pasca Sarjana.
Universitas Islam Sultan Agung disingkat UNISSULA diselenggarakan oleh Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung disingkat YBW-SA. YBW-SA sebagai badan hukum penyelenggara UNISSULA didirikan oleh sekelompok cendikiawan muslim di Semarang Jawa Tengah yang sadar dan menaruh perhatian terhadap keadaan dan perkembangan bidang pendidikan umat Islam dan bangsa Indonesia pada umumnya sejak awal proklamasi kemerdekaan didirikan tanggal 31 Juli 1950 M bertepatan dengan 16 syawal 1369 H.Alumni Unissula saat ini sudah mencapai 24.000 lebih yang tersebar di seluruh indonesia dan beberapa ada yang sudah berkarya di luar negeri, para alumni menentukan pilihan hidupnya, baik yang bekerja menjadi Pegawai Negeri Sipil, Politisi, Akademisi, Profesi, tidak sedikit yang memilih menjadi Entrepreneurship. ALumni tersebut saat ini telah di wadahi IKA UNISSULA ( Ikatan Keluarga Alumni Unissula ) pengurusan untuk periode 2011-2014 di pimpin oleh H. Jawade Hafizd, SH, MH.
Universitas Islam Sultan Agung disingkat UNISSULA, adalah sebuah perguruan tinggi yang cukup ternama di Semarang Jawa Tengah. Rektor yang memimpin sekarang adalah Prof. Dr. Laode M. Kamaluddin, Rektor sebelumnya adalah Dr. dr. Rofiq Anwar, SpPA. UNISSULA didirikan sejak tanggal 20 Mei 1962 (16 Dzulhijah 1369 H) oleh Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung, disingkat YBW-SA. Yayasan ini didirikan di Semarang sejak tanggal 31 Juli 1950 (16 Syawal 1369 H), yang bergerak dalam bidang pendidikan, kesehatan, sosial dan kegiatan amal shaleh lainnya dengan tujuan menyebarluaskan pendidikan dan ajaran Islam yang dijiwai dakwah Islam. Pada awal berdirinya UNISSULA, Fakultas yang pertama kali dibuka adalah Fakultas Agama Islam (dalam perkembangan lebih lanjut kemudian menjadi Fakultas Syari'ah), kemudian Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Pasti Alam (dalam perkembangan selanjutnya menjadi Fakultas Teknik). Pada tahun ajaran berikutnya, dibuka Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (dalam perkembangan selanjutnya menjadi Fakultas Hukum) dan Fakultas Kedokteran. Pada tahun 1985 dibuka Fakultas Tarbiyah yang dalam perkembangan selanjutnya pada tahun 1998 digabung dengan Fakultas Syari'ah, menjadi Fakultas Agama Islam. Fakultas Teknologi Industri dibuka tahun 1993, Fakultas Psikologi dibuka tahun 1999, dan mulai tahun 2000 dibuka Program Pasca Sarjana. Pada tahun ajaran 2011/2012 dibuka program studi (prodi) pendidikan Matematika dan pendidikan Bahasa Indonesia [1], kemudian di tahun yang sama dibuka program studi Sarjana (S1) farmasi , di bawah naungan Fakultas Kedokteran. Pada tahun 2012/2013 dibuka program studi Magister Biomedis (S2) yang berada di bawah naungan Fakultas Kedokteran. [2] Pada tahun 2012/2013 Fakultas Hukum Unissula meresmikan Program Doktor Ilmu Hukum (PDIH) (S3) yang memiliki berbagai macam konsentrasi antara lain Hukum Perdata/Hukum Bisnis, Hukum Pidana, Hukum Tata Negara, Hukum hubungan internasional, Hukum Kesehatan, Hukum Syariat Islam, Hukum HAM, Hukum Ketenagakerjaan, dan cyber law.[3] Setelah itu di tahun yang sama Fakultas Hukum Unissula juga melaunching berdirinya Magister (S-2) Kenotariatan (M.Kn). MKn didirikan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 441/E/O/2012 Tentang Penyelenggaraan Program Studi Kenotariatan (S-2) 27 Desember 2012 [4]


  1. (BNP2TKI), karena dengan adanya kurikulum berstandar internasional maka Unissula dapat dijadikan sebagai center of excellent bagi program pendidikan, pelatihan, dan penyiapan penempatan tenaga kesehatan berstandar internasional ke luar negeri.
  2. UNISSULA sedang melakukan pendekatan dan penjajakan kerjasama dengan Fatih University di Turki, Al-Azhar University di Cairo, University of IOWA (USA), Hankuk University di Korea, dan lain-lain.
  3. Ditingkat nasional, saat ini UNISSULA juga sudah melakukan penandatanganan MoU dengan Universitas Padjajaran Bandung dalam pendirian Fakultas Farmasi. Selain itu UNISSULA juga sedang melakukan penjajakan kerjasama dengan Universitas Gadjahmada Yogyakarta, Universitas Indonesia, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Airlangga Surabaya dan lain-lain.
UNISSULA juga secara konsisten berupaya untuk berperan dalam usaha membangun peradaban Islam yang baru dan moderen, sebagaimana yang dahulu dilakukan oleh para pemimpin Islam dalam membangun peradaban Islam sehingga mengalami masa keemasan. Untuk itu Unissula sangat berapresiasi kepada para tokoh agama/masyarakat, ilmuan, peneliti, sastrawan, seniman, dan lain-lain yang mempunyai andil dalam pengembangan peradaban Islam.
UNISSULA juga membuat trend baru perguruan tinggi dengan memberikan penghargaan kepada tokoh nasional yang berprestasi dan memberi kontribusi kepada peradaban Islam. Penghargaan yang pertama kali diberikan ini diberi nama BudAi Award. Seperti pada tanggal 21 desember 2009, UNISSULA memberikan penghargaan kepada Ketua Mahkamah Konstitusi Bapak. Mohammad Mahfud atas perannya dalam penegakan hukum di Indonesia.
Mahasiswa UNISSULA juga mampu menorehkan prestasi di tingkat nasional maupun internasional. Diantaranya adalah Finalis Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional (2007, 2008, 2009), Juara 2 Debat Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2008, 5 Besar Pemilihan Bintang Radio RRI 2009, Delegasi Indonesia pada Debat Bahasa Inggris di Korea, Singapura dan Irlandia 2008, dan Delegasi Indonesia pada MTQ Internasional di Moskow, Rusia 2010. UNISSULA juga pernah menjadi tuan rumah PIMNAS XXI (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) pada 2008.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar